Rabu, 10 April 2013

Surat pengaduan (komplain)


Definisi
Surat klaim adalah surat pemberitahuan dari pemesan/pembeli kepada penjual, karena barang-barang yang diterimanya tidak sesuai dengan pesanan.
surat pengaduan dibuat karena; jumlah/mutu barang tidak sesuai, kerusakan, keterlambatan, atau pengingkaran isi perjanjian. Berdasarkan faktor-faktor tersebut, pemesan dapat mengajukan surat pengaduan dan besar kecilnya kerugian yang ditimbulkan tergantung kepada faktor-faktor tersebut.



Contoh

TOKO BUMI ASIH
Jalan MT. Haryono 53
Surabaya
Surabaya, 14 Agustus 2003
Nomor : 71/ BA/ VII – 03
Hal      : PengaduanKualitasBarang
Yth.
Pimpinan UD TANI MAKMUR
Jln. Ir. H Juanda
Bontang
Dengan hormat,
Kiriman saudara berupa  89  ton kedelai telah kami terima pada tanggal 12 Agustus 2003.Hal ini berarti lebih cepat dari permintaan kami.Oleh karena itu kami ucapkan terima kasih.
Perlu kami sampaikan bahwa setelah kami ce kada 20 karung kedelai yang mutunya  tidak sesuai dengan pesanan. Daripada 20 karung tersebut kami kembalikan, kami mohon potongan harga sebesar 20 %.
Jika saudara tidak setuju dengan potongan harga, silakan mengirim utusan untuk mengeceknya dan sekalian mohon dibawakan penggantinya.
Atas perhatian dan kebijakan Saudara, kami ucapkan terima kasih.
Hormat kami,


Ayub Kamma
PemilikToko

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar